Di indonesia istilah smoothie tidak sepopuler jus, entah karena namanya berbau bahasa asing sehingga lidah kita susah menyebutkan. Juice mulai terkenal pada awal tahun 1990 dan menjadi semakin populer karena minuman segar ini bisa ditemukan di warung pinggir jalan, cafe atau mal besar.

Sejatinya jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah / sayur. Untuk menghasilkan sari buah tersebut, anda bisa memeras secara langsung tanpa menggunakan alat khusus. Tentu pekerjaan yang tidak mudah dan membutuhkan waktu serta tenaga lebih. Oleh karena itulah, ada alat khusus untuk mengambil sari buah secara mudah yaitu juice extractor. Ada lagi juicer, alat ini memiliki fungsi hampir sama dengan juice extractor hanya saja mesin di dalamnya cenderung lebih kecil dari segi kekuatan untuk menghancurkan bahan buah atau pun sayuran.

Sedangkan smoothie adalah bubur buah/sayur, artinya semua bahan dimasukkan ke dalam blender kemudian proses hingga halus. Merasa familiar dengan cara tersebut? Ya! Jus buah atau sayur yang selama ini anda nikmati sebenarnya smoothie. Lihat saja ciri-cirinya : tekstur kental, creamy.

resep green smothy