Beragam Jenis Mixer Untuk Adonan Beserta Keunggulannya

Jika Anda sering membuat adonan untuk kue atau roti, Anda pasti tahu bahwa setiap jenis mixer berbeda memiliki fungsi yang berbeda juga. Berdasarkan pengaturannya sendiri, ada tiga jenis mixer yang paling sering digunakan banyak orang untuk membuat adonan, yaitu horizontal mixer, spiral mixer, dan planetary mixer. Nah, meski memiliki fungsi utama yang sama, namun ketiga jenis mixer tersebut memiliki keunikan masing-masing yang berbeda antara satu sama lain.

Sebagai panduan untuk menemukan mana mixer yang paling tepat bagi kebutuhan Anda, berikut penjelasan mengenai beragam jenis mixer beserta keunggulannya.

1. Horizontal Mixer

Horizontal mixer memiliki kemampuan untuk menghasilkan adonan dengan volume besar dalam waktu yang lebih singkat dibanding mixer lainnya. Mixer jenis ini juga dapat mencampur bahan adonan secara konstan ke dalam mesin saat adonan sedang diaduk. Selain itu, adonan yang dibuat dengan horizontal mixer akan mudah dikeluarkan dari mesin untuk memudahkan pengangkutan setelah proses pencampuran selesai.

Karena kelebihannya tersebut, horizontal mixer paling cocok bagi Anda yang membutuhkan mixer untuk membuat adonan dengan kapasitas besar dalam waktu yang cepat.

2. Spiral Mixer

Spiral mixer merupakan jenis mixer yang paling populer digunakan karena fleksibilitasnya. Mixer jenis ini dapat menghasilkan adonan berkonsistensi kental dengan lebih merata dan efisien karena pengaduk spiral dan mangkuknya berputar bersamaan saat sedang bekerja. Selain itu, salah satu kelebihan spiral mixer yang akan Anda sukai adalah, mixer jenis ini menggunakan lebih sedikit daya listrik dibanding mixer lainnya.

Spiral mixer sangat cocok bagi Anda yang lebih sering membuat berbagi jenis adonan kental seperti roti, pizza, mie, pastry, dan lain sebagainya.

3. Planetary Mixer

Planetary mixer merupakan mixer yang paling sering digunakan untuk kebutuhan dapur rumahan. Diberi nama planetary mixer karena cara kerjanya yang mirip seperti teori perputaran planet, di mana pengaduk berputar mengitari mangkuk yang diam sehingga dapat menghasilkan adonan yang lebih lembut. Kelebihan lain dari planetary mixer adalah kemampuannya untuk mengaduk berbagai bahan selain adonan roti, seperti keju, telur, susu, dan lain sebagainya.

Mixer jenis ini cocok bagi Anda yang lebih suka memiliki banyak opsi untuk membuat berbagai jenis bahan kue selain adonan roti saja, sehingga Anda dapat bereksperimen sendiri.

Cari tahu terlebih dahulu apa yang paling Anda butuhkan sebelum memilih mixer yang paling tepat. Apakah Anda membutuhkan mixer yang dapat membuat adonan dalam waktu cepat? Ataukah mixer yang dapat membuat adonan dengan konsistensi kental secara merata? Jika sudah bisa menemukan hal apa yang Anda anggap paling penting dan wajib diprioritaskan saat membuat adonan, tentunya Anda akan lebih mudah untuk memilih mixer jenis apa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.