Beda Planetary Mixer dan Spiral Mixer, Lengkap dengan Keunggulannya Masing-Masing!

Mixer menjadi peralatan wajib dimiliki bagi Anda yang hobi baking atau berniat membuka usaha toko roti, pastry, dan sejenisnya. Karena alat ini dapat sangat membantu dalam menguleni adonan, sehingga proses membuat roti bisa dipersingkat. Bukan hanya lebih cepat, mengaduk adonan dengan mixer juga menawarkan hasil yang lebih merata.

Dengan begitu, maka adonan akan tercampur sempurna dan menghasilkan rasa lezat yang diinginkan. Namun tahukah Anda bahwa mixer tersebut ada banyak macamnya? Jenis yang umum digunakan yaitu planetary mixer dan spiral mixer. Tidak perlu bingung, berikut simak ulasan singkat mengenai beda planetary mixer dan spiral mixer sebelum memutuskan membeli.

Perbedaan Dasar: Mixer Planetary dan Spiral Mixer

1. Jenis Mixer dan Mangkuk

Perbedaan mixer planetary dan spiral mixer dapat dilihat pada mangkuknya. Mixer planetary punya tampilan yang mirip stand mixer, dengan mangkuk statis yang menempel di bagian dasarnya. Saat mixer digunakan, pengaduk akan bergerak naik turun layaknya planet yang sedang berotasi hingga proses pengadukan selesai.

Sementara spiral mixer memiliki cara kerja dimana mangkuk dan pengaduk akan berputar secara bersamaan. Selama proses pengadukan ini, hook spiral akan berputar dan mencampur adonan sampai merata serta lembut.

2. Penggunaan dan Fungsi Utama

Dengan model bowl atau mangkuk yang tidak sama, beda planetary mixer dan spiral mixer terletak pada penggunaan dan fungsi utamanya. Meski secara keseluruhan fungsinya tidak jauh berbeda, namun spiral mixer punya fungsi utama mengaduk adonan yang relatif kental seperti adonan pizza, roti manis, donat, hingga martabak.

Sementara planetary mixer cenderung lebih fleksibel karena dapat digunakan untuk mengaduk adonan encer, sedang, ataupun yang kental. Seperti susu, telur, adonan cookies, pastry croissant, maupun adonan pizza hingga martabak.

3. Proses Pengadukan

Sesuai dengan namanya, proses pengadukan pada planetary mixer layaknya teori perputaran planet. Dimana pengaduk akan berputar mengitari bowl seperti gerak planet di tata surya yang mengelilingi matahari. Sedangkan proses pengadukan spiral mixer mengandalkan hook spiral yang berputar dan meremas adonan dalam mangkuk, dimana mangkuk dan kait spiralnya akan berputar bersamaan.

4. Jenis Pengaduk

​​Planetary mixer menggunakan tiga jenis pengaduk yang dapat dilepas pasang dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pertama, flat beater yang digunakan untuk mencampurkan adonan secara merata.

Selanjutnya, spiral dough hook, yang digunakan untuk mencampur dan mengolah adonan yang tebal hingga kalis. Pengaduk ini sangat berguna untuk mengolah adonan roti atau adonan lain yang memiliki konsistensi yang lebih padat dan berat.

Terakhir, whip wire, atau sering disebut balloon whisk, yang digunakan untuk mencampur adonan dan menambahkan udara agar adonan lebih mengembang. Pengaduk ini sangat cocok digunakan untuk membuat buttercreamwhipped creamsponge cake, dan sejenisnya.

Di sisi lain, spiral mixer hanya memiliki satu jenis pengaduk, yaitu spiral dough hook. Spiral mixer umumnya digunakan untuk mengolah adonan roti atau adonan lain yang membutuhkan adonan dengan konsistensi yang sangat kalis.

Keunggulan Mixer Planetary

1. Serbaguna

Mixer planetary dirancang untuk menangani berbagai jenis adonan dan bahan, membuatnya sangat serbaguna. Dengan berbagai alat pengaduk yang dapat diganti, mixer ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan, termasuk adonan kue, whip cream, menumbuk kentang, daging, adonan bakso dan saus.

2. Kemampuan Mengaduk Kue dan Pastry

Mixer ini ideal untuk mengolah adonan kue dan pastry karena dilengkapi dengan berbagai kecepatan pengadukan yang dapat disesuaikan. Hal ini memastikan bahwa adonan kue dan pastry dapat dicampur secara merata tanpa merusak tekstur adonan.

3. Mudah Digunakan

Desain mixer planetary umumnya sederhana dan mudah digunakan. Pengguna dapat dengan mudah mengontrol kecepatan pengadukan dan mengganti alat pengaduk sesuai kebutuhan, menjadikannya pilihan yang nyaman untuk berbagai macam aplikasi bakery equipment.

4. Hasil Akhir yang Merata

Dengan gerakan rotasi planetary, mixer ini dapat memastikan bahwa semua bagian adonan tercampur secara merata. Ini menghasilkan konsistensi yang baik dalam hidangan akhir, seperti kue yang lembut dan beraroma.

5. Tidak Menempel di Dasar Mixer

Desain gerakan planetary juga membantu mencegah adonan menempel di dasar mixer, sehingga memudahkan proses pengadukan dan membersihkan mixer setelah digunakan.

Umumnya tersedia dalam kapasitas 10-20 liter dengan daya listrik sekitar 450 watt, mixer planetary menjadi pilihan populer bagi pengusaha bakery, baik skala rumahan maupun industri. Ukuran yang lebih besar, seperti 40 liter, juga tersedia untuk produksi dalam skala besar.

Keunggulan Spiral Mixer

1. Kemampuan Mengaduk Adonan Roti

Mixer spiral menonjol dalam kemampuannya mengaduk adonan roti. Tidak kalah dengan jenis lain, mixer ini memiliki keunggulan yang signifikan dalam mengolah adonan roti.

2. Pengadukan yang Kuat

Dibandingkan dengan planetary mixer, spiral mixer menawarkan pengadukan yang sangat kuat. Keunggulan ini membuatnya sangat cocok untuk mengatasi adonan kental dan spesifik.

3. Proses Pengadukan yang Lebih Baik

Dengan desain di mana pengaduk berputar di tengah dan mangkuk ikut berputar, mixer spiral memberikan proses pengadukan yang lebih baik. Hasilnya, adonan tercampur dengan rata dan mencapai tingkat kelembutan yang optimal.

4. Tahan Lama

Menggunakan energi hidrolis, mesin pada mixer spiral mampu mengaduk adonan kental dengan kapasitas besar. Kekuatan ini tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga membuat mesin ini tahan lama dan minim risiko kerusakan setelah penggunaan intensif. Berbagai pilihan ukuran, mulai dari 10 liter hingga 60 liter, serta kebutuhan daya listrik yang berkisar dari 400 watt, membuatnya menjadi pilihan yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

 

Jual Peralatan Bakery, Undercounter Murah, Mixer roti industry, Mixer Usaha tahan lama, Mesin pengemas otomatis, Ice cream 3 tuas, Usaha Roti Mesin Bakery Terbaik, Usaha Viral Mesin Es Krim Murah, Mesin ice cream 1 tuas, Penyedia peralatan Bakery terlengkap, Oven Getra 1deck, Oven deck Fomac, Vacum Sealer Heavypack, Sealer heavypack murah, Freezer box Gea RSA, Display Cooler RSA GEA, Oven SATMESIN murah, Cup sealer otomatis, Mesin pemisah tulang ikan, Mesin Shrink Tunnel, Proofer roti Listrik, Proofer roti Gas, Gea Getra RSA, Powerpack Heavypack SATMESIN, Crown masema Fomac, Working table stainless, Mixer fomac murah, Spiral mixer getra, Horizontal mixer fomac, Vacuum chamber Powerpack, Mesin kopi iberital, Cup sealer powerpack, Carton sealer murah, Mesin Cetak Bakso Otomatis, Mesin Packaging Sachet, Kulkas 2 pintu rumahan, Mesin pemotong sayur