Planetary Vs Spiral Mixer: Panduan Untuk Pilih Mixer yang Tepat

Setiap para pembuat kue tahu, bahwa salah satu kunci kesuksesan mereka dalam membuat aneka kue atau roti yang lezat adalah dengan menggunakan mixer yang dapat memproduksi adonan dengan kualitas terbaik. Namun, yang mungkin tidak mereka ketahui adalah bahwa untuk menciptakan adonan berkualitas, persoalan memilih mixer yang tepat ternyata juga sama pentingnya seperti memilih bahan-bahan yang sempurna untuk membuat resep itu sendiri.

Tapi sebelum Anda mencari jenis mixer apa yang paling cocok, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Misalnya seperti jenis adonan apa yang paling sering Anda buat, atau seberapa kentalkah konsistensinya? Apakah Anda lebih sering membuat adonan untuk jenis-jenis roti tertentu, muffin, cookie, atau justru ketiganya? Sebab volume kekentalan dan seberapa banyak jumlah adonan yang Anda buat dapat menentukan pilihan mixer mana yang paling tepat untuk Anda.

Nah, bicara soal pilihan mixer, ada dua jenis mixer yang paling sering digunakan oleh para pembuat kue, yaitu planetary dan spiral mixer. Berikut perbedaannya.

Planetary Mixer

Planetary mixer dapat menawarkan beragam pilihan bagi Anda yang ingin menyiapkan berbagai jenis adonan dengan volume yang tinggi. Mixer jenis ini tidak hanya bagus digunakan untuk mencampur bahan kue dan menguleni adonan yang lembut hingga kental saja, dengan menggunakan gagang yang tepat Anda juga bisa mengiris sayuran, memotong daging, memarut keju, atau membuat adonan meringue ringan, sehingga memberikan lebih banyak opsi.

Planetary mixer umumnya memiliki tiga jenis gagang yang berbeda. Yang pertama adalah spiral, untuk membuat adonan kental seperti roti, pizza, donat, dan martabak. Yang kedua adalah beater, yang biasanya digunakan untuk membuat adonan sedang seperti cookie, pastry, dan brownies. Yang ketiga adalah whip untuk jenis adonan encer seperti whipped cream, susu, dan telur. Tapi ada pula beberapa mixer yang memiliki gagang khusus seperti slicer untuk mengiris sayuran, greater untuk memarut keju, dan chopper untuk memotong daging.

Fleksibilitas seperti ini memungkinkan Anda untuk sedikit bereksperimen dari pada hanya sekedar membuat adonan untuk kue atau roti saja. Karena itu, planetary mixer sangat cocok bagi Anda yang lebih suka membuat beragam adonan.

Spiral Mixer

Karena memiliki ukuran yang lebih besar dan hanya bisa ditaruh di atas lantai, mixer jenis ini memakan lebih banyak tempat. Spiral mixer biasanya sering digunakan untuk membuat berbagai jenis artisan bread, bagel, dan pizza. Hal tersebut dikarenakan mixer jenis ini dapat mencampur bahan adonan dengan baik dan konsistensi yang tepat, karena cara kerjanya yang memutar mangkuk mixer ke dua arah. Jika Anda ingin memproduksi adonan berkualitas tinggi dengan jumlah yang lebih banyak, maka spiral mixer adalah pilihan terbaik Anda.

Dibanding jenis adonan lainnya, spiral mixer paling cocok untuk mengaduk adonan roti. Karena memiliki dua mesin untuk memutar gagang pengaduk dan mangkuk, hal ini menjaga adonan tetap berada dalam suhu yang rendah, sehingga tidak mudah panas atau terfermentasi terlalu cepat. Sebab untuk membuat artisan bread, suhu harus dikontrol sedemikian rupa agar adonan dapat difermentasi dengan lambat demi menghasilkan roti yang sempurna.

Secara umum, spiral mixer dapat dengan mudah mencampurkan tepung dan air hingga mencapai konsistensi yang sempurna sehingga dapat menghasilkan rasio penyerapan air yang lebih tinggi, yaitu sampai dengan 80% hingga 90%. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menghemat biaya produksi roti, karena Anda hanya akan menggunakan lebih banyak air dan lebih sedikit tepung untuk membuat adonan.

Itu dia perbedaan antara planetary mixer dan spiral mixer. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, kini Anda bisa menentukan mana pilihan mixer terbaik yang paling tepat dan cocok untuk kebutuhan Anda.

 

Jual Peralatan Bakery, Undercounter Murah, Mixer roti industry, Mixer Usaha tahan lama, Mesin pengemas otomatis, Ice cream 3 tuas, Usaha Roti Mesin Bakery Terbaik, Usaha Viral Mesin Es Krim Murah, Mesin ice cream 1 tuas, Penyedia peralatan Bakery terlengkap, Oven Getra 1deck, Oven deck Fomac, Vacum Sealer Heavypack, Sealer heavypack murah, Freezer box Gea RSA, Display Cooler RSA GEA, Oven SATMESIN murah, Cup sealer otomatis, Mesin pemisah tulang ikan, Mesin Shrink Tunnel, Proofer roti Listrik, Proofer roti Gas, Gea Getra RSA, Powerpack Heavypack SATMESIN, Crown masema Fomac, Working table stainless, Mixer fomac murah, Spiral mixer getra, Horizontal mixer fomac, Vacuum chamber Powerpack, Mesin kopi iberital, Cup sealer powerpack, Carton sealer murah, Mesin Cetak Bakso Otomatis, Mesin Packaging Sachet, Kulkas 2 pintu rumahan, Mesin pemotong sayur